Perbekel Bakbakan menghadiri Acara Launching Website Gerbang Sadu Mandara



(foto: Kepala BPMPD provinsi Bali, Ir. Ketut Lihadnyana, M.MA, menyampaikan laporan kegiatan)

Acara launching Sistem Informasi Online website Gerbangsadu Mandara (GSM) dengan domain: www.gerbangsadumandara.provbali.info, berlangsung di halaman kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Daerah Provinsi Bali tanggal 28 Februari 2014. Gubernur menandai di launchingnya website dengan menyentuh layar monitor didampingi wakil gubernur, Kepala BPMPD Bali, Jajaran terkait dan Undangan lainnya termasuk adalah Perbekel Bakbakan I Ketut Darsa dan kepala BUMDes Desa Bakbakan I Nyoman Sukerta

Gubernur Bali berharap website Gerbangsadu bisa sebagai wadah informasi yang cepat, lengkap, dan akurat kepada masyarakat luas tentang program pro rakyat Gerbangsadu Mandara (GSM), dan program penanggulangan kemiskinan terpadu berbasis pedesaan di Provinsi Bali. “Saya minta setelah acara launching, web gerbangsadu terus di update dan di lengkapi informasinya sedetail detailnya” sehingga masyakat dapat informasi yang lengkap.  

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur, Ketut Sudikerta, Ketua Komisi 1 DPRD Bali, I Made Arjaya, SP, M.Si, Sekda Provinsi Bali, Cok Pemayun, beserta jajaran kepala SKPD di lingkungan pemerintah provinsi Bali, Gubernur  mengharapkan produk-produk hasil kerajinan yang dikelola Desa melalui program Gerbangsadu bisa dipasarkan juga di website.

Menurut Gubernur, program Gerbangsadu tidak saja menyangkut besarnya jumlah bantuan yang diberikan kepada desa sasaran, melainkan juga upaya peningkatan kemampuan dan kapasitas masyarakat dalam membangun diri dan lingkungannya secara mandiri dan partisipatif.

Sejauh ini, Pastika menambahkan Pemprov Bali telah melakukan berbagai upaya dalam mengurangi kemiskinan, seperti penyediaan kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan pendidikan, perluasan kesempatan kerja, pembangunan pertanian, pemberian dana bergulir serta pendampingan, yang mana berbagai upaya tersebut telah berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin secara signifikan dari 6,18% pada tahun 2008 menjadi 3,95% di bulan Maret tahun 2013. Namun, kembali lagi ditegaskan bahwa berbagai upaya itu harus dilanjutkan, dan untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan harus ‘dikeroyok’ oleh berbagai institusi dari lintas wilayah, baik dari Pusat ke daerah dan lintas sektor, dari berbagai instansi, sehingga program tersebut bisa berjalan terpadu.

Sementara itu, Kepala BPMPD provinsi Bali, Ir. Ketut Lihadnyana, M.MA, mengatakan bahwa program Gerbangsadu Mandara, merupakan payung dari pengentasan kemiskinan terpadu sehingga perlu diinformasikan secara luas kepada masyarakat, dan website ini merupakan salah satu sarananya. Website ini diharapakan bisa sebagai wahana saling tukar informasi antar desa tentang Potensi desa, pengelolaan program GSM serta sebagai media dalam menerima saran dan kritik dari masyarakat.

Kunjungi Profil Desa Bakbakan di Website Gerbang Sadu Mandara di :
http://www.gerbangsadumandara.provbali.info/kecamatan-gianyar-2/desa-bakbakan.html  

(Foto-foto Dokumentasi Kegiatan)