Pelatihan Pendamping Desa GSM Tahun 2014












Dalam rangka mempersiapkan program GSM untuk calon desa penerima GSM tahun 2014 dilaksanakan pelatihan bagi pendamping GSM dalam mempersiapkan Proposal bagi calon desa penerima GSM tahun 2014. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 9 maret 2014 sampai dengan tanggal 11 maret 2014 di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Bali. Pada pelatihan ini dihadiri oleh 50 orang pendamping desa tahun 2014.
Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bali Ir. Ketut Lihadnyana, MMA. Dalam Kesempatan ini Kepala BPMPD memberikan sambutah bahwa kecepatan Pencairan dana GSM sebesar 1,020M kepada desa penerima berdasarkan rekomendsi dari pendamping berdasarkan potensi desa masing – masing. Selain itu juga Kepala BPMPD memberikan informasi tentang pemanfaatan dana sebesar 1,020M dibagi menjadi 3 pos. Dana sebesar 200 juta ditransfer ke rekening LPM dengan tujuan untuk pembangunan infrastruktur yang menunjang ekonomi pedesaan.  Dana sejumlah 800 juta digunakan untuk kegiatan usaha ekonomi produktif sedangkan dana 20 juta digunakan untuk kegiatan oprasional GSM. 
Pada pelatihan ini diberikan beberapa materi tentang pemberdayaan masyarakat, penyusunan proposal berdasarkan potensi desa, penggalian gagasan berdasarkan potensi dari masing – masing desa, diskusi kelompok dalam pembuatan proposal dan proses pelaporan keuangan dan kegiatan yang berbasis teknologi Informasi (IT).
 
Foto Kegiatan diskusi dalam proses pembuatan proposal 
 
Foto Pemaparan hasil diskusi kelompok dalam pelatihan Pendamping GSM tahun 2014